Welcome To My Blog : "yanitaita.blogspot.com" ..thank you... please enjoying :D cheers ƪ(♥ε♥)ʃ

Minggu, 16 Mei 2010

Kelainan Hati atau Atresia bilier


Masalah penyakit yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini sangat kompleks sekali, mulai dari penyakit yang tergolong biasa saja, sampai yang tergolong sangat parah. Saat ini saya akan mencoba mengulas tentang penyakit yang tadinya tidak terpikirkan oleh masyarakat kita, yaitu penyakit yang diderita oleh anak bayi, termasuk alm. Bilqis. Menurut ilmu kedokteran, penyakit alm. Bilqis ini adalah penyakit yang timbul karena kelainan hati atau Atresia bilier, setelah di periksa oleh beberapa dokter, mereka menyarankan untuk di operasi, tetapi dana yang di butuhkan tidaklah sedikit sehinga orang tua Bilqis meminta bantuan ke semua orang yang tergerak hatinya untuk ikut menyumbang operasi anaknya tersebut. Ternyata penyakit bilqis ini tidak hanya di derita 1-2 anak saja di Indonesia ini, tetapi banyak anak yang menderita penyakit seperti ini. Kelainan penyakit ini dikarenakan rusaknya saluran empedu di luar hati sehinga tidak ada aliran empedu dari hati ke dalam usus 12 jari yang normalnya terjadi. Kelainan tersebut membuat hati alm. Bilqis rusak dan jalan satu-satunya adalah operasi transplantasi hati. 



Tanda-tanda yang menunjukan anak tersebut berpenyakit ini, adalah : mata kuning, perut buncit, sekujur tubuh menghitam dan kekuningan, gatal diseluruh tubuhnya, dan kotorannya berwarna kuning pucat. Kasihan sekali melihat banyak anak yang menderita penyakit tersebut. Setelah 19 bulan lebih lamanya untuk mengumpulkan dana untuk berobat anaknya tersebut dengan penggalangan dana Koin Cinta Bilqis yang telah mencapai 1,1 milyar, alm. Bilqis sudah diambil oleh sang Khalik Allah SWT setelah 19 bulan bertahan dengan penyakitnya tersebut. Padahal saat akan menjalani operasi cangkok hati, alm. Bilqis mengalami gagal napas karena paru-parunya juga terserang bakteri ganas dan mematikan.

Upaya menghadapai penyakit seperti ini adalah : dengan menjaga makanan si anak seperti dengan memakan sayuran yang telah dikukus kemudian di blender dan disaring kembali, serta asi dan botol susu tetap diberikan, serta secepatnya di operasi transpalantasi hati karena semakin cepat semakin baik buat si bayi.

Semoga anak-anak lain yang terkena penyakit seperti ini dapat sembuh dengan biaya yang relatif murah dan semoga penyakit seperti ini tidak lagi menyerang anak-anak, remaja, serta orang tua. Mari jaga kesehatan kita sebaik mungkin karena kesehatan itu mahal harganya :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Atresia Bilier adalah suatu keadaan yang terjadi pada bayi yang baru lahir dimana saluran empedu tidak terbentuk atau tidak berkembang secara normal. Penyebab atresia bilier ini tidak diketahui tetapi kondisi tersebut ditemukan pada 1 dari 15000 kelahiran. Atresia Bilier temukan jawab di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan untuk menemukan penyebab dan cara penangulangannya.

Posting Komentar