Welcome To My Blog : "yanitaita.blogspot.com" ..thank you... please enjoying :D cheers ƪ(♥ε♥)ʃ

Jumat, 15 Oktober 2010

TEKNOLOGI LIVE STREAMING_newmedia

Jika kita ingin membahas tentang sesuatu pasti kita harus mengerti dahulu apa yang akan kita bahas. Pada kali ini, saya akan membahas secara tentang streaming mulai dari harware, sofware sampai contoh-contoh dari situs streaming yang bisa kita gunakan.

Semakin berkembangnya teknologi masa kini yang telah merambah ke dunia internet membuat semakin berkembangnya teknologi seperti streaming. Streaming pada dunia internet adalah teknologi untuk mengkompres ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan Internet yang dilakukan secara stream (terus-menerus).

File-file yang dapat di streaming, yaitu file audio, video, image, text, dan data 3D.

Salah satu dari live streaming yaitu Streaming Interaktif yang melibatkan pengguna Internet dalam berkomunikasi dengan pengguna Internet lainnya, sehingga kedua belah pihak dapat sama-sama menerima dan mengirimkan informasi pada saat yang bersamaan (real time dan live) tanpa harus disimpan dahulu ke media penyimpanan atau dibawa ke streaming server. Software seperti ICQ dan Yahoo! Messenger adalah aplikasi chat yang berbasis pada teks streaming. Stasiun televisi SCTV pun juga memiliki streaming interaktif ini untuk memberikan kesempatan kepada pemirsa mengajukan pertanyaan maupun komentar kepada para nara sumber diskusi tersebut melalui teks di chat room yang disediakan oleh pihak SCTV. 

Format pada streaming adalah Real Media (.rm / .ra / .ram), Windows Media (.asf / .wmf / .asx) dan QuickTime (.mov). Dari ketiga format tersebut, format QuickTime rata-rata cukup handal untuk proses streaming, editing dan playback lokal. Ketiga format tersebut dapat kita download di http://www.real.com/player, Windows Media di http://www.windowsmedia.com dan QuickTime di http://www.apple.com/quicktime.

HARDWARE yang dibutuhkan untuk melakukan streaming adalah komputer dan modem untuk menghubungkan komputer dengan internet.

SOFTWARE yang digunakan untuk teknologi streaming adalah :
1. Aplikasi Internet broadcasting yaitu penyiaran audio ataupun video yang berbasis Internet Protocol (IP). Dengan Internet broadcasting ini stasiun radio atau televisi dapat melakukan siarannya menggunakan jalur Internet dengan on-demand dan live. on-demand biasanya adalah broadcasting yang menyiarkan file media yang telah direkam sebelumnya, seperti pada stasiun televisi Indonesia yaitu SCTV yang menyediakan siaran ulang acara berita Liputan 6 yang dapat disaksikan di situs http://www.liputan6.com. Contoh lainnya adalah siaran radio BBC edisi bahasa Indonesia yang dapat didengar di situs http://www.bbc.co.uk/indonesian. Sedangkan Internet broadcasting yang live, atau biasa dikenal pula dengan istilah livecasting, yaitu radio Elshinta Jakarta, yang siarannya dapat didengar melalui situs pnm://elshinta.indosat.net.id/live.ra. Beberapa situs yang menawarkan video streaming adalah: http://realguide.real.com, www.sputnik7.com, www.adcritic.com, www.atomfilms.com dan www.bigstar.com. Masalah utama pada internet broadcasting adalah pada kesiapan infrastruktur Internet di Indonesia yaitu pada jaringan Internet dengan bandwidth dan kecepatan yang kurang memadai.
2. Bandwidth yang merupakan hal yang paling utama dalam streaming, karena untuk menikmati internet dan streaming yang bagus membutuhkan bandwidth yang memadai.
3. CODEC (compression/decompression) yang akan mengkompres file media agar ukurannya dapat diperkecil kemudian distreaming dan dibroadcast melalui Internet, setelah itu file akan didekompres kembali ke ukuran asal untuk dapat didengarkan atau ditonton. Proses inilah yang membuat kita dapat menikmati media streaming dengan lebih cepat. Software untuk CODEC, yaitu : Windows media menggunakan varian dari MP4 Codec, Real Network menggunakan Intel based Codec dan QuickTime menggunakan Sorenson based Codec. Kekurangan dari CODEC yaitu : Semakin kita melakukan kompresi file, maka akan semakin berkurang pula kualitas file tersebut ketika dinikmati kembali, seperti file video semakin sedikit kecil kita menentukan frame per second (fps), maka gambar yang dihasilkan akan patah-patah.

Apabila kita ingin mencantumkan situs streaming di blog kita, dibawah ini adalah salah satu situs streaming dalam bentuk widget, seperti : 

1. widget stasiun TV langsung seperti Tv One kodenya sebagai berikut :
TVONE ONLINE 
http://tvonelivestreaming.blogspot.com/
 
2. widget kode TV Streaming www.vivanews.com sebagai berikut :


Silakan menikmati, semoga bermanfaat :D

OPINI :

Sebagai pengguna internet kita pasti menginginkan pada saat kita menjalankan sebuah file audio maupun video kita tidak perlu menunggu file tersebut selesai di download, karena saat ini dengan streaming kita dapat menjalankan file secara terus-menerus tanpa ada gangguan seperti buffering, kecuali jika ada gangguan dari kecepatan internet dan bandwithnya. Padahal menurut kami para pengguna internet, dalam menikmati streaming yang berkualitas membutuhkan bandwidth dan kecepatan akses Internet yang baik dan bagus. 

Menurut saya dengan streaming kita dapat melihat saluran TV apa saja, dimana saja, kapan saja dengan mudah, karena dengan media internet inilah kita dapat melihat berita, film, dan informasi apa saja yang ingin kita lihat baik berita dalam negeri maupun luar negeri. Situs streaming yang saya senangi adalah vivanews, karena disini saya bisa melihat berita dalam negeri maupun luar negri yang terbaru, bukan hanya itu saja disini juga menyediakan informasi tentang sains dan teknologi terbaru sehingga kita tidak akan ketinggalan informasi.

Tulisan saya ini dikutip dari sumber : Donny B.U., M.Si dan http://www.kalbar.us/showthread.php?1340-Streaming-Membuat-File-Besar-Serasa-Kecil

1 komentar:

Posting Komentar