Welcome To My Blog : "yanitaita.blogspot.com" ..thank you... please enjoying :D cheers ƪ(♥ε♥)ʃ

Selasa, 26 Oktober 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI CINEMA DIGITAL

Setelah kita meresume digital cinema dari e-book, tentunya kita harus tahu perkembangan apa saja yang telah banyak terjadi pada dunia perfilman dunia. Sebelum kita membahas tentang hal tersebut, pertama-tama kita harus mengetahui tentang Film (sinema). Apa si Film (sinema) itu? Film (sinema) berasal dari kata Cinemathographie (Cinema + tho = phytos (cahaya) + graphie = grhap (tulisan = gambar = citra)) jadi pengertiannya adalah melukis gerak dengan cahaya, hal ini bisa terjadi karena film merupakan lapisan-lapisan cairan selulosa. Agar kita bisa menangkap cahaya yang bergerak tersebut, maka kita menggunakan kamera. Dari kamera tersebut akan dibuat sebuah film yang kemudian akan diproyeksikan ke layar dengan proyektor. http://id.wikipedia.org/wiki/Sinema

Bagaimana cara membuat cinema menjadi gambar jadi yang biasanya kita sebut dengan film? Saat kita akan membuat sebuah film, kita harus melakukan langkah-langkah berikut :
1. Pra-Produksi
Pada tahap ini biasanya kita melakukan tahap awal dari membuat film, seperti mempersiapkan tempat, skenario, biaya, aktor, dan sebagainya.
2. Produksi Film
Pada tahap ini kita akan melakukan pembuatan film secara utuh dari awal sampai akhir film tersebut selesai.
3. Editing
Pada tahap ini kita melakukan perapihan pada film yang telah kita buat agar hasil akhirnya memuaskan.
4. Review Hasil Editing
Pada tahap ini adalah tahap akhir dalam pembuatan sebuah film. Disini lah kita dapat melihat hasil pembuatan kita setelah melewati tahap editing. Kita dapat melihat hasil kita melalui LCD seperti laptop yang telah dilengkapi dengan speaker.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sinema_digital ]

* Teknologi hardware yang dibutuhkan dalam proses produksi sebuah film :

1. Proyektor digital

2. Kamera Video


* Teknologi Software yang dibutuhkan dalam proses produksi sebuah film :

Software biasanya kita gunakan untuk mengedit video dari sebuah film.
Contoh software yang biasanya digunakan :
1. 3D Studio Max
2. Paket Adobe Digital Video (Adobe After Effects, Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator).
 Dunia film sekarang mulai berkembang, baik dari media yang digunakan untuk melihatnya sampai pada jenis film yang ditampilkan. Media tersebut seperti : televisi, bioskop, VCD dan DVD, dan home theater. 




Jenis film yang sekarang mulai berkembang adalah film 3 dimensi (3D) yang sangat luar biasa. Contohnya saja pada film avatar, film the legend of guardians, film step up, maupun film resident evil. Film-film tersebut telah merambah kedunia 3D 

sehingga ketika kita melihatnya kita seakan-akan berada pada film tersebut. Untuk melihat film dengan 3D, kita membutuhkan kacamata khusus yang telah dirancang untuk menampilkan 2 gambar sekaligus.


OPINI :

Menurut saya semakin berkembangnya dunia perfilman membuat semakin baiknya kualitas serta jenis film yang ditayangkan. Jenis film yang berkembang saat ini adalah film 3 dimensi (3D) yang memiliki kualitas dan effect film yang luar biasa. Perkembangan dunia perfilman inilah adalah salah satu kemajuan manusia dibidang teknologi dan sains yang bermanfaat. Kita sebagai rakyat Indonesia yang masih tertinggal cara pemakaian editing pada film seharusnya belajar lebih baik sehingga hasil akhir yang akan ditampilkan ke layar LCD sudah memiliki kualitas yang bagus dan terlihat nyata.

0 komentar:

Posting Komentar