Welcome To My Blog : "yanitaita.blogspot.com" ..thank you... please enjoying :D cheers ƪ(♥ε♥)ʃ

Minggu, 16 Mei 2010

Keunikan, kekhasan, dan keindahan budaya daerahku “Yogyakarta”



Kota Yogyakarta yang sering disebut dengan Jogja memiliki jenis keunikan, kekhasan serta keindahan budaya tersendiri. Yogyakarta memiliki keragaman jenis budaya dari jenis makanan sampai jenis kerajinan tangannya, semua itu di hasilkan dari tangan-tangan kreatif para pengrajin di daerahku ini. Yogyakarta memiliki makanan khasnya yaitu gudeg jogja, apabila kita berkunjung pasti kita tidak akan melewatkan makanan khas jogja ini. Di sepanjang jalan menuju kraton Jogja pasti kita dapat menemukan penjual gudeg dengan nama warung yang beraneka macam semua saling menjajakan makanan khas ini, tetapi bukan hanya di tempat itu saja kita dapat menemukan gudeg, di jalan-jalan di daerah jogja pun kita dapat menemukannya.

Bukan hanya gudeg saja makanan khas kota pelajar ini, apabila kita sedang pulang kampung ke Jogja dan ingin membawakan oleh-oleh untuk kerabat dan sahabat kita dapat membawa oleh-oleh bakpia. Bakpia yang dulu hanya berisi kacang hijau sekarang menambah rasanya menjadi rasa coklat dan keju. Semua rasa itu benar-benar enak dan cocok untuk oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama di bandingkan gudeg.

Selain makanan, oleh-oleh yang dapat kita beli dapat berupa kerajinan tangan yang dapat kita temukan di malioboro atau tempat-tempat wisata di daerah Jogja lainnya. Kerajinan tangan yang terkenal dan unik adalah batik, baju “Dagadu”, pernak-pernik, tas, sepatu, pajangan rumah, miniatur sepeda kuno, pehiasan dari perak dan masih banyak lainnya yang dapat kita dapatkan dengan harga yang relaitif murah di bandingkan kita membeli di luar Jogja. Baju merek “Dagadu” merupakan baju khas yang di buat asli dari Jogja yang dapat kita temukan di gang serta emperan pasar Malioboro. Baju “Dagadu” ini sudah dibuat sejak lama, yang saya ingat saat saya masih SD pun baju “Dagadu” ini sudah eksis di pasaran. Selain itu di Jogja ada sebuah daerah pengrajin perak putih yang terkenal yaitu Kota Gede. Pengrajin perak menghasilkan beraneka ragam asesoris seperti cincin, kalung, anting, gelang sampai hiasan dari perak. Semua keunikan benda dan makanan itu hanya ada di kota Yogyakarta.

Oh iya ada satu lagi keindahan budaya Jogja yaitu lagu atau tembang yang khas. Biasanya lagu ini dibawakan para sinden untuk mendendangkan tembang pada lakon wayang. Oleh karena itu aku cinta budaya daerahku, dan semoga budaya yang khas, unik serta indah itu dapat terus dipelihara dan dibudayakan sebagai tanda cinta kita pada tanah air Indonesia.

2 komentar:

Varian Hermianto mengatakan...

Salam kenal, mungkin bisa share info oleh-oleh khas Jogja di link : http://www.katalogkota.com/pusat-oleh-oleh-khas-jogja-yogyakarta-cinderamata , mohon saran dan koreksinya jika berkenan, terima kasih....

Farid mengatakan...

Tempat wisata Jogja juga banyak lho :D
Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik..com

Terimakasih.. :)

Posting Komentar